Award Persahabatan yang Penuh Makna

Bersama sepuluh sahabatnya yang lain, saya mendapat Award The Most Friendly Blogger dari sahabat saya, Nensa Moon. Sungguh saya terharu bisa menjadi satu dari sekian banyak sahabat blogger Nensa yang mendapatkan award itu (terima kasih ya bu Nensa, semoga dengan award ini membuat saya kian bersemangat bertutur dalam blog ini, dan harus saya akui melalui Catatanku saya banyak belajar tentang bagaimana menjadi blogger yang baik).

Betul! Nge-blog ternyata bukan sekedar menampilkan tulisan, baik yang bersifat curahan hati maupun curahan pemikiran, konsep, analisa, tuntunan, petunjuk praktis dan semacamnya. Tapi nge-blog juga ternyata berdimensi lain, bahkan menyentuh sisi kita sebagai manusia, yakni persahabatan.

Apalagi bagi saya, yang sejujurnya awalnya saya tidak berpikir ke sana, maka blog sebagai salah satu wahana jalinan persahabatan, menjadi sangat berarti. Sebab memang awalnya ketika saya berniat bikin blog, November lalu, saya hanya berpikir bahwa melalui blog saya bisa menuangkan berbagai hal yang selama ini tidak tertampilkan di media lain (saya banyak mengirim tulisan ke surat khabar dan majalah, tapi sebagian besar tidak dimuat, mungkin karena tulisan saya di bawah standar media bersangkutan).

Begitu awalnya; semata pelarian saja. Namun saya ternyata keliru. Benar-benar keliru. Bahkan saya merasa malu. Egoisme saya semacam itu, sungguh tidak layak menjadi dorongan untuk nge-blog. Karena ternyata, dari blogwalking, saya melihat betapa para blogger kita, termasuk yang sudah senior, menunjukkan sikap yang begitu friendly, penuh persahabatan dan mau meluangkan waktu untuk membantu sesama blogger yang membutuhkannya.

Secara langsung atau tidak langsung, selama ini saya banyak belajar dari blogger-blogger hebat seperti Kang Rohman, Oom, Pak GuRu, Nensa Moon, Mas Doyok, Home Design, Mengedit itu Mengenyangkan, Saung Web dan banyak lagi blogger senior.

Melalui postingan yang tampil di blog mereka, saya memperoleh pengetahuan tentang blog dan pirantinya (sekalipun pengetahuan saya tentang itu, kalau diukur dengan angka, baru menginjak angka 2, belum menginjak angka 6 apalagi 9, tapi angka 2 juga sudah lebih baik karena sebelumnya saya 0 besar). Dan dari blog mereka juga saya memperoleh makna solideritas dan persahabatan.

Nge-blog, bagi saya, ternyata menuntut sentuhan lain yang tidak sekedar mengisi kolom post dan mempercantik tampilan templit. Nge-blog ternyata tak beda dengan kehidupan kita sehari-hari dalam bergaul dan bermasyarakat. Istilah take and give bahkan bagi saya merupakan kunci penting dalam dunia blogger. Sederhananya mungkin, kalau postingan kita ingin dibaca orang lain maka kita harus membaca postingan orang lain pula. Kalau kita ingin disapa, maka kita harus menyapa orang lain pula.

Itulah makna nge-blog bagi saya. Bersahabat dan bersilaturahmi antar sesama, selain saling berbagai pengalaman. Karena itu pula, sekali lagi, terima kasih kepada Nensa Moon yang telah memberi saya Award The Most Friendly Blogger. Suatu kehormatan yang takkan pernah saya lupakan, Insya Allah.

6 komentar:

NENSA MOON mengatakan...

Waahhh... benar2 terkesima membaca postingan pa asep kali ini...
Begitu jeli pandangan dan pikiran pa asep menangkap hikmah dari konsep kata 'Ngeblog'.
Semakin membuka mata dan hati saya, bahwa benar adanya Ngeblog bukanlah semata2 mencari popularitas atau apapun dari satu karya tulisan, namun terlebih bisa menjalin satu ikatan persahabatan bahkan persaudaraan diantara sesama blogger...

Terimakasih sudah sudi memposting berita ini.
Satu kehormatan lagi bisa mencantumkan nama saya di postingan pa asep.

Sekali lagi selamat atas awardnya, Pa asep sangat pantas mendapatkannya.
Teruslah menulis... saya yakin tulisan anda banyak menginspirasi teman2 lainnya, termasuk saya...
Sukses selalu buat pa asep n kel.

rahmatea mengatakan...

wilujeng pa award na......

saya belum lama kenal blog ini.....tapi tulisannya lumayan berbobot, maklum wartawan he..he...

Gilang kurniaji mengatakan...

Ternyata pengertian nge-blog bisa sedalam itu menurut bapak. Kalau membaca tulisan ini, saya juga jadi agak malu. Selama ini niat saya untuk ngeblog hanya untuk mendapatkan "recehan", ternyata ada esensi yang lebih utama dibandingkan ngeblog yang cuma "berkebun banner"... hehe
Idealisme seorang blogger untuk terus berbagi dan berbagi merupakan salah satu hal yang membuat sebuah blog eksis dan diminati...

Sayangnya tidak ada yang memberi saya award seperti itu. (mengharap berlebih)
Terus berkarya pak... Semoga awarnya bisa menambah semangat untuk membuat postingan bermutu... Saya tunggu artikel tentang pendidikannya. Buat referensi masa depan....

Darin mengatakan...

betul pak, saya sependapat nih :)
awalnya saya juga tak begitu faham, lagian saya ngga bagus2 amat menulis. Tapi ternyata dunia blog itu terdiri dari bermacam2 orang juga hehe, jadi kita ngga sendirian.
Ya, tag dan award adalah salah satu sarana yang bisa mempererat tali persahabatan antar blogger. Saya suka itu :)
Salam hangat.

Dangsulaeman mengatakan...

berkunjung saja dan mengikuti "follower" saja...

salam,
Bolehngeblog

Herdoni Wahyono mengatakan...

Saling berbagi secara tulus diantara sahabat blogger menjadi sesuatu yang indah untuk dijalani dalam hidup ini. Award persahabatan yang penuh makna. Salam sukses.

Posting Komentar